Kapan JPEG ? Kapan GIF ?

Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini ada banyak format file gambar yang dapat kita gunakan namun yang paling banyak dan umum kita temui saat ini adalah format GIF dan JPEG. Dua format ini saja sudah membuat kita bingung kapan harus menggunakan format GIF dan kapan harus menggunakan JPEG.


File dengan format GIF mampu menampung maksimal 256 warna (8 bit) atau kurang. Jumlah ini jauh dibawah jumlah warna yang dapat ditampung sebuah file dengan format JPEG. Meskipun demikian, Format GIF memiliki kelebihan jika digunakan pada gambar yang tidak membutuhkan gradasi warna dengan presisi tinggi. Jadi misalkan anda memiliki sebuah gambar kotak dengan warna hitam putih saja, maka format file yang digunakan sebaiknya adalah GIF. Selain itu, GIF juga memiliki fitur-fitur khusus seperti animasi, transparansi, dan interlace.

File dengan format JPEG mampu menampung 24 bit (lebih dari 16,7 juta warna) dan dikembangkan khusus untuk photographic-style images. JPEG menyimpan informasi dari sebuah gambar dengan memperhatikan perubahan-perubahan warna yang terjadi. JPEG mampu memberikan kualitas yang lebih baik dengan ukuran yang lebih kecil dari GIF jika digunakan untuk menyimpan foto-foto atau gambar-gambar dengan gradasi serta shading yang kompleks.


Untuk mudahnya, sebaiknya ingatlah dua hal dasar tentang JPEG dan GIF berikut ini.
  1. Gunakanlah format GIF untuk gambar-gambar dasar yang anda buat di komputer seperti garis-garis sederhana dan bentuk lainnya. Gunakan pula untuk animasi sederhana.
  2. Gunakanlah format JPEG untuk gambar yang di scan atau foto.

Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: