Menyembunyikan File ke dalam File Gambar

Ada banyak cara yang biasanya dilakukan untuk melindungi file-file yang kita anggap penting dan berharap agar orang lain tidak mengaksesnya. Cara yang paling umum dan banyak dilakukan adalah dengan memberikan atribut hidden pada file atau folder yang ingin disembunyikan. Cara kedua yang juga umum dilakukan adalah dengan mengkompres file atau folder dengan winrar kemudian diberikan password.
Selain kedua cara di atas, cara yang cukup unik untuk melindungi file dan folder milik kita adalah dengan menyembunyikan file atau folder ke dalam sebuah file gambar. Untuk melakukan trik ini, silakan mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Kumpulkan file atau folder yang ingin disembunyikan kemudian kompres dengan menggunakan winrar. Silakan beri nama file winrar anda. Dalam contoh ini saya menggunakan nama file penting.rar
  • Siapkan file gambar yang ingin kita jadikan wadah bagi file winrar yang telah kita buat pada langkah pertama. Dalam contoh ini saya gunakan gambar dengan nama file "gambar1.jpg". Saran saya gunakan gambar yang tidak menarik, karena jika gambar yang digunakan adalah gambar yang menarik maka orang akan tertarik untuk membuka dan mungkin saja mengkopi file gambar anda.
  • Setelah anda melakukan kedua langkah di atas maka seharusnya saat ini anda memiliki dua buah file (file penting.rar dan file gambar1.jpg). Tempatkan kedua file tersebut kedalam direktori yang sama. Dalam contoh ini saya menggunakan drive D.
  • Buka command prompt dan ketikkan perintah "d:" (tanpa tanda petik) kemudian enter.
  • ketikkan perintah berikut : "copy /b gambar1.jpg+penting.rar gambar2.jpg" (tidak menggunakan tanda kutip) kemudian tekan enter. Jika berhasil, command prompt akan memberikan konfirmasi sebagaimana terlihat pada gambar berikut.
  • Sekarang buka explorer dan lihat bahwa sekarang terdapat file gambar baru dengan nama gambar2.jpg. Silakan buka file tersebut dan hanya tetap akan mendapatkan file gambar.
  • Saat ini file anda yang ada pada file penting.rar sudah tersembunyi dalam file gambar2.jpg. Persoalan kemudian adalah bagaimana mengaksesnya kembali.
  • Untuk membukanya kembali, klik kanan file gambar2.jpg, pilih open with > choose program, pilih winrar.
  • Jika terdapat centang pada pilihan "Always use the selected program to open this kind of file" maka hilangkan tanda centang tersebut.
  • Selanjutnya pilih Winrar dari daftar program dan ekstrak seperti biasa.
Semoga Bermanfaat

    Posting Lain Terkait Komputer

    0 Komentar: