Tips Merawat Notebook atau Netbook

Saat ini Notebook dan Netbook sudah tidak lagi menjadi barang langka atau hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu. Dulu barang ini merupakan barang yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja, tapi sekarang hampir semua kalangan masyarakat memiliki laptop. Kalau anda berjalan-jalan ke pusat penjualan komputer saat ini maka anda akan kesulitan menemukan toko yang menjual komputer desktop, toko-toko yang ada umumnya hanya menjual Notebook atau Netbook. Menurut informasi dari teman, hal ini disebabkan permintaan pasar yang cenderung pada laptop bukan komputer desktop.

Saking membajirnya laptop saat ini, banyak orang disekitar saya yang sangat jarang bersentuhan dengan komputer tapi justru minta tolong untuk ditemani membeli laptop. Ketika saya tanya untuk apa, katanya untuk dipakain facebook dan main poker. Luarrr biasa. Mereka ini memang tahu cara mengoperasikan laptop, tapi memiliki pengetahuan yang sangat minim tentang cara perawatannya. Hal inilah yang kemudian menyebabkan barang yang mereka beli berumur lebih pendek dari seharusnya.


Berikut beberapa tips yang mungkin berguna sehingga laptop yang sudah anda beli bisa lebih awet dan lama digunakan.

1. Bersihkan Keyboard
Keyboard pada komputer desktop ataupun laptop tidak ada bedanya, keduanya sama-sama gampang kotor dan berdebu. Hanya saja, jika keyboard pada komputer desktop rusak maka biaya yang dibutuhkan untuk menggantinya hanya sekitar 35 ribu rupiah. Nah bagaimana jika kerusakan pada keyboard laptop ? silakan hitung sendiri biayanya.
Seperti yang telah disampaikan di atas, masalah utama pada keyboard adalah kotoran. Untuk mencegah atau paling tidak meminimalkan kotoran yang masuk maka sebaiknya gunakan pelapis keyboard. Sedangkan untuk membersihkan kotoran yang ada, anda dapat menggunakan kuas kecil atau jika anda punya, anda dapat menggunakan penydeot debu kecil. Sebaiknya jangan menggunakan penyedot debu untuk karpet karena sedotannya terlalu kuat.

2. Membersihkan LCD
Permasalahan pada LCD bukan pada kotoran atau debu karena setiap anda membuka laptop (dalam keadaan off) maka kotoran-kotoran atau debu yang melekat akan langsung terlihat dan biasanya secara spontan kita langsung membersihkannya. Nah disinilah masalahnya. Berdasarkan apa yang sering saya lihat, cara membersihkan yang dilakukan tidak tepat.
Bersihkanlah LCD dengan menggunakan kain yang sangat lembut atau yang dikhususkan untuk itu. Jika menggunakan cairan, maka pastikan cairan yang khusus untuk digunakan pada LCD, bukan pembersih kaca biasa.
Jangan pula menyemprotkan cairan secara langsung pada LCD karena dapat menyebabkan LCD menjadi belang. Cairan yang digunakan sebaiknya disemprotkan pada kain untuk kemudian digunakan untuk membersihkan LCD.
Gerakan membersihkan sebaiknya satu arah, jangan bolak-balik. Untuk gerakan vertikal, bersihkan dari atas kebawah atau dari bawah keatas saja (salah satunya), sedangkan untuk gerakan horizontal berihkan dari kiri ke kanan atau dari kanan ke kiri saja (salah satunya). Ingatlah selalu untuk tidak menekan terlalu keras ketika membersihkan LCD ini.

3. Hindari Panas Matahari
Panas matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi laptop, baik untuk LCD maupun untuk komponen-komponen yang ada di dalam laptop.

4. Menyimpan Laptop
Cara menyimpan laptop juga dapat berpengaruh pada keawetan laptop. Jika hendak menyimpan laptop untuk waktu yang cukup lama, maka sebaiknya lepaskan baterai-nya terlebih dulu. Selain baik untuk baterai, langkah ini juga menghindarkan laptop dari kerusakan akibat daya yang masih tersimpan pada baterai atau karena korosi pada soketnya.
Hindarkan pula menyimpan laptop dekat dengan benda-benda yang memiliki medan magnet kuat seperti speaker besar, dan sebagainya. Jika anda menyimpannya pada tempat-tempat yang memiliki medan magnet tinggi maka kerusakan akan menghampiri laptop anda dengan segera.
Ingat selalu untuk menyimpan laptop kesayangan anda pada permukaan yang rata.

5. Gunakan Alas dari Bahan Solid dan Rata
Setiap Notebook ataupun Netbook apapun merk, jenis, dan serinya pasti telah didesain sedemikian rupa agar sistem sirkulasi udara di dalamnya dapat berfungsi dengan baik. Satu hal yang tidak banyak diketahui oleh pengguna laptop adalah sistem sirkulasi udara dalam laptop tersebut tidak akan dapat berfungsi secara baik pada permukaan yang tidak solid dan tidak rata. Sehingga jika anda menggunakan laptop dengan menggunakan kasur atau jok mobil sebagai alasnya, maka jangan heran jika laptop anda cepat panas.

6. Panas, Panas, dan Panas
Masih saja tentang panas tapi kali ini dari kebiasaan kita setelah menggunakan laptop. Setelah menggunakan laptop biasanya kita langsung menutup dan memasukkannya dalam tas. Hal ini sebenarnya berdampak sangat buruk bagi laptop karena panas dari dalam laptop belum keluar (laptop masih dalam keadaan panas) kita sudah menutupnya. Ditambah lagi laptop tersebut langsung dimasukkan dalam tas sehingga panas yang ada semakin terjebak dan sulit untuk keluar. Bayangkan berapa lama panas tersebut mengendap dalam laptop kita, padahal salah satu musuh utama laptop adalah panas.
Saran saya, diamkanlah laptop anda beberapa saat setelah dimatikan untuk mengeluarkan panas di dalamnya. Setelah panasnya berkurang barulah anda menutup dan memasukkannya dalam tas.

Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: