6 Hal yang Sebaiknya Anda Hindari Sebagai Facebook-er

Hari gini gak punya facebook ?? hellloowww ?!?!!

Dalam beberapa tahun saja, facebook sebagai jejaring sosial booming dan meledak dimana-mana. Seakan tak mengenal usia, facebook digunakan oleh anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Namun hal yang mungkin terlupakan oleh sebagian besar pengguna facebook adalah bahwa di dunia maya juga terdapat aturan-aturan tak tertulis dalam berinteraksi sebagaimana halnya ketika berinteraksi dalam dunia nyata.

Berikut ini bukan merupakan aturan-aturan berinteraksi baku yang harus diterapkan oleh setiap orang. Berikut ini mungkin hanya sekedar saran dalam bertindak pada jejaring sosial khususnya facebook. Cukup lakukan hal yang menurut anda tepat dan jangan hiraukan hal yang tidak anda sepakati.



Utamakan Private Message daripada Posting untuk Hal-Hal yang Bersifat Pribadi
Saya punya seorang teman yang suka jika hal-hal yang bersifat pribadi tentang dirinya banyak diketahui orang. Olehnya itu, dia sering memposting sesuatu yang mungkin sebaiknya tidak diketahui banyak orang. Tapi berhubung dia tidak keberatan, ya apa salahnya ?? Jelas tidak salah. Jika anda termasuk orang yang tipenya sama dengan teman saya, maka cukup anda ingat bahwa tidak semua orang suka jika hal-hal pribadi tentang dirinya diketahui banyak orang. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyakan atau mengekspose hal-hal pribadi seseorang melalui posting. Sebagai contoh, yang paling sering saya temui adalah memposting pin BB orang lain. Sebaiknya selalu gunakan fasilitas private message untuk hal seperti ini.

Sadari Setiap Resiko dari Posting Anda
Saat ini anda mungkin memiliki ratusan atau bahkan ribuan teman di facebook. Teman-teman anda ini pastinya memilki latar belakang berbeda-beda, baik itu pekerjaan, adat, kepribadian, agama dan lain-lain. Perlu anda sadari bahwa terkadang status/posting yang anda anggap biasa dan tidak mengganggu siapapun ternyata dapat mengganggu orang lain karena adanya perbedaan latar belakang tersebut. Jadi pastikan anda tahu betul resiko dari posting-an anda.

Tidak Semua Hal Harus Anda Tanyakan di Facebook
Perlu anda ketahui bahwa facebook adalah situs jejaring sosial (social networking site), yang berarti hal-hal yang anda perbincangkan disana akan dilihat dan mungkin diperhatikan banyak orang. Oleh karena itu, jika harus memperbincangkan sesuatu yang mungkin hanya melibatkan anda dan satu atau dua orang teman anda maka sebaiknya gunakanlah fasilitas lain seperti telepon, SMS, atau mungkin e-mail.

Usahakan Menjawab Komentar, Khusus Jika Ditujukan Langsung pada Anda
Ketika anda meng-update status dan kemudian teman anda memberikan komentar atau memberikan jempolnya maka hal yang paling tepat untuk anda lakukan adalah menghargainya dengan cara membalas komentar mereka, khususnya jika komentar mereka berbentuk pertanyaan yang mengarah langsung pada anda. Anda tentunya tidak harus melakukannya setiap saat, tapi paling tidak usahakan membalas satu dari dua komentar teman anda karena jika anda selalu mengabaikannya maka besar kemungkinan jika mereka tidak akan memperhatikan lagi status anda. Pasti aneh jika anda punya ratusan teman, tapi dari sepuluh status anda tidak satupun yang dikomentari oleh teman anda.

Jangan Terlalu Rajin dalam Memberi Komentar
Memperhatikan gerak-gerik atau tingkah laku teman di facebook adalah hal yang umum dan biasa dalam dunia per-facebook-an (ini bahasa apa ya???), tapi ketahuan kalau kita sedang menguntit, jangan sampai deh. Oleh karena itu, hindari memberi komentar pada setiap posting dari teman anda, meskipun anda sedang memperhatikan atau menguntit teman anda tersebut.

Sebarkan Senyuman
Seperti halnya komunikasi online pada umumnya, komunikasi pada facebook umumnya adalah melalui teks. Nah, sebagaimana kita ketahui bersama adalah adanya keterbatasan komunikasi melalui teks dalam menyampaikan intonasi. Dari apa yang saya alami dan saya ketahui hanya ada dua intonasi yang mudah disampaikan melalui teks, yaitu BERTERIAAAK dan Smile :). Silakan anda pilih sendiri, BERTERIAK kiri kanan atau menyebarkan senyuman :)


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Internet

0 Komentar: