Mendeteksi Keylogger pada Komputer

Kemarin saat sedang sibuk-sibuknya dikantor tiba-tiba teman saya datang dan langsung bertanya "cara mendeteksi keylogger pada komputer gimana ya ?". Trus, saya balik tanya, "memangnya kenapa ? kamu kan selalu online dengan notebook kamu sendiri ?". Dia bilang kalau akhir-akhir ini dia sering online dengan menggunakan komputer orang lain. Karena lagi sibuk, saya cuman bisa jawab "baca saja di blog saya, besok saya akan posting caranya". (padahal blog ini belum saya perkenalkan sama dia... hhhh)

Oleh karena itu, untuk memenuhi janji saya maka pada kesempatan ini saya akan coba sharing cara mendeteksi keylogger pada komputer yang sedang anda gunakan.

OK, cara yang paling sederhana untuk dilakukan adalah dengan memanggil program keylogger tersebut sehingga jika pada komputer yang anda gunakan terdapat keylogger maka interface dari program keylogger tersebut akan muncul. Adapun cara untuk memanggil program keylogger tersebut adalah dengan menekan kombinasi tombol "ctrl+alt+shift+k". Jika pada komputer tersebut terdapat keylogger, maka interface dari program keylogger tersebut akan muncul. Sebagai tambahan, tombol terakhir (huruf "k") pada kombinasi tombol di atas, dapat anda coba ganti dengan huruf atau tombol yang lain karena program yang berbeda biasanya menggunakan kombinasi tombol yang berbeda pula. Tambahan lagi, jika yang masang keylogger cukup jeli, maka shorcut standar ini akan dia ganti.

Cara lain adalah dengan mengecek / memeriksa "startup item" pada "msconfig". Buat yang belum tahu, klik "Start > Run", pada box run ketikkan "msconfig". Pilih tab "Startup", hilangkan tanda centang pada program-program yang anda yakini sebagai keylogger. Setelah itu klik tab "Services", beri tanda centang pada opsi "Hide All Microsoft Services" dan hilangkan tanda centang pada "service" yang menurut anda bekerja untuk program keylogger.

Adapun cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan program khusus untuk mendeteksi sekaligus mengatasi keylogger. Ada banyak program-program untuk melaksanakan tugas ini termasuk yang gratisan. Saya tidak akan menyarankan nama programnya disini, tapi saya sangat menyarankan anda untuk mencari informasi yang sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan menggunakan program anti keylogger tertentu. Jangan sampai anda mencari anti keylogger tapi justru mendapatkan program keylogger.

Sebenarnya dengan menggunakan anti virus yang baik, keylogger tidak akan bisa berbuat banyak. Tapi pertanyaannya adalah, "apakah pemilik komputer akan membiarkan anda untuk menginstal antivirus pada komputernya ?" (Ceritanya kan, komputernya bukan milik kita).


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Internet ,Komputer

3 Komentar:

Muhammad rozi agusta said...

Thanks .. Atas Informasi Nya ..

Muhammad rozi agusta said...

Thanks .. Atas Informasi Nya ...

sogi said...

sama2... semoga selalu aman berselancar di internet..