Merawar Wiper pada Mobil

Wiper pada kaca depan mobil adalah salah satu fitur keselamatan yang penting pada mobil. Namun, berdasarkan fakta yang ada, 7 dari 10 mobil yang ada di jalan saat menggunakan wiper yang sudah tidak dapat bekerja secara maksimal. Wiper baru mendapat perhatian lebih jika musim hujan sudah mulai datang seperti sekarang ini.


Berikut adalah cara untuk merawat wiper pada mobil anda tetap dapat bekerja secara maksimal.

Bilah yang memgang karet pada wiper sebaiknya diganti setiap satu sampai dua tahun, sedangkan karet wipernya sendiri sebaiknya diganti setiap satu tahun. Untuk mobil yang tidak memiliki garasi sehingga lebih banyak menerima dampak langsung dari cuaca hendaknya melakukan penggantian komponen tadi dengan lebih sering.

Setting atau pengaturan posisi lengan wiper juga perlu diperhatikan. Setelah bekerja dalam waktu yang lama, bisa saja lengan wiper mengalami pergeseran sehingga menyebabkan bilah dan karet wiper tidak bekerja secara maksimal. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengecek apakah permukaan karet wiper secara merata menyentuh permukaan kaca. Jika tidak, atur sedemikian rupa sehingga permukaan karet bekerja secara maskimal pada permukaan kaca mobil.

Pastikan penyemprot wiper bekerja dengan baik dan jangan biarkan tangki penyemprot kosong karena tidak pernah tahu kapan anda sangat membutuhkan penyemprot ini. Jangan sampai anda harus turun dari mobil hanya untuk menyiramkan air pada kaca depan mobil anda.

Yang terakhir, jika anda memarkirkan kendaraan anda ditempat terbuka untuk waktu yang cukup lama dan terkena panas matahari secara langsung maka tidak ada salahnya jika anda mengangkat wiper mobil anda sehingga karet wiper tidak bersentuhan dengan kaca mobil.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Otomotif

0 Komentar: