Perawatan Standar Untuk Komputer

Tidak perlu tindakan-tindakan sulit untuk membuat komputer anda berumur lebih panjang atau dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, apalagi sampai harus buang-buang uang dengan service atau membeli komputer yang baru. Anda hanya perlu membiasakan diri untuk melakukan langkah-langkah perawatan (maintenance) sederhana pada komputer anda.

Pada posting kali ini saya akan berbagi tips agar berbagai kerusakan-kerusakan yang umum terjadi pada komputer beserta dampak yang dihasilkan dapat diminimalisir. Adapun langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan adalah sebagai berikut.


Backup dan Backup
Semua file penting yang ada pada komputer anda hendaknya dicopy atau dibackup pada media lain, baik itu CD, DVD, Flash Disk, Hard Disk, ataupun Online Storage. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena kita tidak akan pernah tahu kapan komputer kita akan mengalami masalah. Salah satu dampak yang cukup parah ketika komputer bermasalah adalah terhapusnya seluruh data yang ada pada hard disk. Jika anda punya backup-nya, tentu anda tidak perlu khawatir data-data penting anda kan ?

Hindari Program atau File yang Tidak Berguna
Tujuan yang ingin dicapai dari langkah ini adalah agar komputer anda tidak terbebani oleh program-program atau file-file tidak penting. Langkah ini juga dapat berfungsi sebagai langkah antisipasi terhadap virus. Menjaga agar komputer tetap aman dari virus tidak hanya dilakukan dengan menginstal anti virus, tapi juga menghindari melakukan hal-hal yang kontra produktif dengan anti virus.

Scandisck dan Defrag
Lakukan scandisck dan defrag secara berkala, khususnya pada drive yang proses "write-erase"-nya (simpan-hapus) tinggi. Jurus ini memang merupakan jurus lama, namun sampai sekarang tetap sangat direkomendasikan untuk dilakukan dalam proses maintenance komputer agar hardware khususnya hard disk bisa lebih awet dan komputer dapat berjalan lebih cepat.

Bersihkan Debu
Entah dari mana datangnya, debu selalu ada pada komputer kita. Jika tidak dibersihkan dan dibiarkan menumpuk, debu-debu ini tidak akan jadi permata (kayak lagu malaysia aja..hhh), maksud saya debu ini akan menyebabkan masalah. Oleh karena itu, sebaiknya debu-debu yang melekat pada komputer, anda bersihkan sebelum menumpuk. Jika anda tidak tahu bagaimana membersihkan bagian dalam komputer, cukup bersihkan bagian luar atau yang terlihat saja.

Gunakan Kipas Tambahan
Untuk laptop, sangat disarankan untuk menggunakan kipas tambahan apalagi bagi anda yang terbiasa menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Kipas ini sangat membantu dalam membuang panas yang tidak terbuang dengan baik akibat terbatasnya kemampuan kipas internal laptop dalam membuang panas. Sebaiknya gunakan kipas dengan kualitas baik, memiliki hembusan yang kencang namun tidak ribut.

Gunakan UPS
Bagi anda yang menggunakan laptop mungkin tidak perlu melakukan hal ini karena sudah ada baterai yang menggantikan sebagian fungsi dari UPS. Jika anda seorang pengguna komputer desktop yang cukup lama (khususnya di Indonesia), saya yakin anda pasti mengalami kehilangan daya tiba-tiba (istilahnya benar gak ya ??) atau mati lampu. Kejadian ini merupakan salah satu kejadian buruk dan dapat berdampak serius pada sistem bahkan hardware komputer anda. Jadi tidak ada salahnya jika anda menyisihkan sedikit uang anda untuk membeli alat yang satu ini agar komputer anda yang berharga lebih mahal mendapat perlindungan lebih.

Itulah beberapa langkah standar yang sebaiknya anda lakukan jika ingin komputer anda lebih awet.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: