Mengatasi Gagal Booting Karena Kurang Daya

Sebelum saya lanjutkan nulisnya, saya ingin minta maaf terlebih dulu jika ternyata terdapat penggunaan istilah kelistrikan yang tidak sesuai. Maklum, saya bukan pegawai PLN. Hehheee...
Beberapa waktu lalu komputer yang biasa digunakan oleh bos saya tidak bisa booting. Pada awal tombol power ditekan, semua nampak normal-normal saja. Masalah kemudian muncul ketika komputer berusaha menyalakan monitor, CPU sepertinya tiba-tiba berhenti bekerja meskipun powerled-nya tetap menyala.
Setelah beberapa kali dicoba, saya pun berpendapat bahwa masalah terdapat pada monitor. Untuk memastikannya saya membawa CPU tersebut ke ruangan sebelah dan mencobanya pada monitor yang ada disana.

Ternyata pada monitor yang ada di ruangan tersebut, CPU tersebut dapat booting dengan baik tanpa masalah apapun. Saya pun bertambah yakin bahwa masalah ada pada monitor bos saya, tapi rasa penasaran akhirnya membuat saya mengangkut monitor untuk dipasang pada CPU yang lain, juga di ruang sebelah. Dan ternyata, monitor tersebut juga baik-baik saja dan tetap bisa menampilkan gambar secara baik.

Yang membuat saya heran, ketika CPU dan monitor tersebut saya pasangkan di ruangan bos saya, komputer kembali gagal booting. Setelah berpikir cukup lama, saya pun curiga jangan-jangan masalah terdapat pada daya listrik. Saya pun menggunakan Stabilizer yang kebetulan tidak terpakai di gudang, dan setelah dipasangkan akhirnya komputer bisa booting dengan baik dan tanpa masalah.

Sampai di sini, masalah sebenarnya sudah terselesaikan, tapi pertanyaan di kepala saya tetap ada karena komputer tersebut bisa booting dengan baik di ruangan sebelah tanpa menggunakan Stabilizer. Saya pun berasumsi bahwa kemungkinan masalah daya yang terjadi karena jalur listrik yang digunakan pada ruangan bos saya sudah terbagi dan tersedot terlalu banyak oleh alat elektronik lain, khususnya AC, Kulkas, dan Televisi.

Disini saya tidak ingin menyebut merk, tapi saya yakin anda bisa tahu dengan mudah, merk mana yang baik untuk urusan stabilizer.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: