Menon-aktifkan Port USB

Alhamdulillah, dengan menon-aktifkan autorun sebagaimana yang telah saya bahas pada posting yang lalu, resiko kemasukan virus melalui flashdisk sudah bisa saya minimalkan secara signifikan. Bahkan dengan kombinasi anti virus freeware, saya sekarang tidak begitu takut dengan flashdiask rekan-rekan sekantor yang umumnya terinfeksi virus.


Namun saya juga akhirnya menyadari betul bahwa antivirus atau program-program sejenisnya hanyalah alat bantu, masuk tidak-nya virus bukan tergantung pada hebatnya program tapi pada sikap kita terhadap hasil kerja atau kesimpulan yang diberikan program tersebut. Jika user tidak mengerti betul bagaimana bertindak aman terhadap situasi yang mungkin membahayakan komputer, maka sehebat apapun program itu pasti akan bobol juga.

Semoga anda tidak bingung dengan apa yang saya tuliskan di atas. hheheee.
Sederhananya seperti ini, jika orang yang menggunakan komputer anda tidak tahu bertindak benar dan aman maka usaha anda dalam melakukan pengamanan terhadap komputer anda akan sia-sia. Nah, salah satu jalan masuk virus yang paling banyak adalah melalui flashdisk.

Oleh karena itu, jika anda hendak meninggalkan komputer anda (khususnya di kantor), maka saya sarankan untuk menon-aktifkan USB port sehingga flashdisk atau apapun yang dicolok pada USB port tidak akan terbaca yang tentunya akan mencegah terjadinya pertukaran data melalui flashdisk. Ini juga mencegah orang-orang yang mungkin iseng mengkopi file-file anda yang mungkin menurut mereka berguna juga untuknya.

Karena trik ini mengubah registry, maka sangat disarankan untuk mem-backup registri anda terlebih dulu sebelum melakukan perubahan. Adapun langkah-langkah untuk menon-aktifkan USB port pada komputer anda adalah :
  • Klik "Start > Run"
  • Pada box Run, ketikkan "regedit" untuk membuka Registri Editor.
  • Buka "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStor"
  • Perhatikan pada kolom sebelah kanan, disana terdapat key dengan nama "Start". Klik 2 kali pada key tersebut.
  • Ganti value data yang ada dengan angka "4".
  • Klik Ok dan Restart komputer anda.
Sekarang anda bisa meninggalkan komputer anda tanpa harus takut ada masalah hanya karena flashdisk. Tapi ingat, aktifkan lagi USB port tadi sebelum menggunakan komputer anda kembali. Caranya mudah, ganti angka "4" tadi dengan angka defaulnya, yaitu angka "3".


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer ,Registry

0 Komentar: