Trik Agar File pada Hard Disk Tidak Bisa Dicopy ke Flash Disk

Pada umumnya, komputer yang saat ini digunakan adalah komputer yang digunakan bersama, baik itu komputer yang ada di rumah maupun komputer yang ada di tempat kerja. Sebenarnya secara etika, penggunaan komputer/laptop pribadi pada tempat kerja harus mendapat penghargaan dari orang lain. Maksudnya, komputer/laptop tersebut tidak dapat digunakan selain oleh pemiliknya karena satu alasan utama, menghargai privasi orang lain.


Tapi berdasarkan pengalaman saya pribadi di tempat kerja, hal ini sangat sulit dilakukan, juga karena alasan etika. Masa sih cuma untuk main game atau sekedar browsing sambil dengar musik kita tidak mau meminjamkannya pada teman. Teman macam apa tuh ? hehheee...

Hanya saja, hal yang cukup mengganggu adalah jika orang lain yang kita pinjamkan meng-copy file-file pada komputer kita tanpa meminta ijin terlebih dulu. Masih bagus kalau yang dicopy hanya file lagu-lagu atau file-file yang sifatnya tidak pribadi lainnya, tapi bagaimana seandainya file yang dicopy tersebut adalah file yang bersifat pribadi ? tentu ini akan menjadi masalah.

Pada posting kali ini saya akan mencoba berbagi tentang trik agar file pada hard disk tidak bisa dicopy ke flash disk, jadi orang lain yang menggunakan komputer/laptop anda tidak bisa dengan seenaknya mengambil file-file dari hard disk di komputer anda. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Klik "Start > Run". Pada box run, ketikkan "regedit" untuk membuka registry editor.
  • Seperti biasa, lakukan "backup" terlebih dulu sebelum melakukan perubahan pada registry. Cara backup registry, silakan lihat disini.
  • Masuk ke "HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control".
  • Klik kanan area kosong pada kolom sebelah kanan, klik "New > Key". Beri nama folder tersebut dengan nama "StorageDevicePolicies".
  • Klik folder "StorageDevicePolicies" dan klik kanan area kosong pada kolom sebelah kanan. Klik "New > DWORD Value" dan beri nama "WriteProtect"
  • Double klik pada "WriteProtect". Ganti angka "Value Data" dari "0" menjadi "1". Klik "ok"
  • Selesai, dan Restart komputer anda.
Sekarang file-file yang ada pada hard disk anda tidak bisa dicopy ke flash disk, sayangnya termasuk flash disk milik anda. Agar fungsi copy paste dari hard disk ke flash disk aktif kembali, cukup hapus folder "StorageDevicePolicies" yang telah anda buat.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer ,Registry

0 Komentar: