Cara Menghapus / Uninstall Program

Bagi anda yang terbiasa mencoba berbagai program-program atau game pada komputer anda, suatu waktu pasti akan merasa terganggu dengan performa komputer yang menurun. Komputer menjadi lambat dalam bekerja bahkan pada saat-saat tertentu komputer menjadi "hang".


Penyebab utama melambatnya komputer ini adalah resource komputer yang habis digunakan oleh program-program yang ter-install pada komputer. Jumlah program yang berlebihan bukannya memperbaiki performa komputer tapi jutru menurunkan kinerja komputer.

Untuk mengatasi hal ini, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menghapus atau melakukan uninstall program-program yang kurang bermanfaat atau jarang digunakan. Sebenarnya saya cukup yakin bahwa cara melakukan uninstall sudah umum diketahui, namun berdasarkan kenyataan yang saya temui dalam keseharian, ternyata banyak yang hanya mengahapus shortcut tapi sudah menganggap menghapus programnya. Jelas ini salah.

Sebagian besar program sebenarnya sudah langsung menyediakan fasilitas (dalam hal ini, yang dimaksud adalah shortcut) untuk melakukan uninstall, sehingga cukup dengan sekali klik, program sudah langsung di uninstall dari komputer.


Namun bagaimana jika program tersebut tidak menyediakan fasilitas untuk uninstall ?
Sebenarnya bukan tidak menyediakan, tapi tidak menampilkan. Oleh karena itu, untuk meng-uninstall program yang seperti ini, kita harus melakukannya melalui Control Panel.
  • Klik "Start > Control Panel"
  • Klik dua kali "Add or Remove Programs"
  • Sekarang jendela baru akan terbuka. Tungga beberapa saat, biasanya butuh waktu yang cukup lama bagi komputer untuk menampilkan list program yang ter-install pada komputer anda.
  • Klik program yang ingin anda hapus / uninstall kemudian klik "remove"
  • Jika muncul pertanyaan atau konfirmasi, klik "yes".
  • Sebaiknya setelah uninstall dilakukan, restart-lah komputer anda.
Sebaiknya pastikan bahwa anda tahu betul program-program yang akan anda hapus adalah program yang tidak lagi anda butuhkan.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

2 Komentar:

Andika Rahman said...

Kalau udah di uninstal file instalernya akan hilang?

sogi said...

file installer maksudx, file yg dgunakan untuk menginstal kan ?
Tentunya tidak akan hilang, karena yg dihapus adalah file2 dari program yg terinstal..