Trik Bersih-Bersih System Secara Manual

System yang dipenuhi dengan file-file temporal dan junk file yang tidak berguna lagi akan menyebabkan performa komputer yang menurun, oleh karena itu kegiatan bersih-bersih system wajib dilakukan secara rutin agar performa komputer tetap terjaga. (kayak iklan oli aja, hehheeee).


Saat ini ada banyak software yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan pekerjaan ini, mulai dari software yang sifatnya berbayar hingga yang gratisan. Cukup dengan beberapa klik maka pekerjaan bersih-bersih system akan dilakukan oleh software tersebut.

Bagi anda yang lebih suka melakukan kegiatan bersih-bersih system ini secara manual (seperti saya), maka silakan mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Bersihkan temporary internet files, cookies, dan sebagainya. Jika anda menggunakan firefox, cukup tekan kombinasi tombol "ctrl + shift + delete".
  • Buka Control Panel, klik 2 kali pada "Internet Options". Klik "Delete Cookies". Setelah selesai, klik "Clear History".
  • Lakukan "Disk Cleanup". Klik "Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup". Pilih drive "C", klik "OK".
  • Lakukan "Disk Defragmenter". Klik "Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Defragmenter". Pilih drive "C", klik "defragment". Proses ini berlangsung cukup lama, jadi untuk sementara sebaiknya anda melakukan kegiatan lain sambil menunggu prosesnya selesai.
  • Klik kanan tombol "Start", pilih "properties". Pada tab "Start Menu" klik "Customize". Klik tab "Advanced", klik "Clear List". Setelah selesai klik "OK".
Sebenarnya masih ada satu langkah lagi yaitu membersihkan Local Setting, tapi sepertinya terlalu panjang jika dijelaskan pada posting ini. Mungkin akan saya jelaskan secara terpisah nantinya.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: