Trik Merawat Baterai Laptop

Entah, apakah ini hanya terjadi di kota saya atau mungkin sudah menjadi fenomena umum di seluruh tanah air? Begini, beberapa waktu lalu saya ke pusat penjualan komputer yang ada di kota saya. Saya mencari komputer desktop untuk digunakan di rumah tapi ternyata toko yang menjual komputer desktop sangat sulit ditemukan. Hampir semua toko hanya menjual notebook dan netbook.


Dari apa yang saya amati, para pembeli yang datang juga hanya mencari laptop notebook atau netbook (laptop). Sayang-nya minat para pembeli laptop ini tidak dibarengi dengan pengetahuan tentang bagaimana merawat laptop, khususnya merawat baterai-nya agar lebih awet.

Pada posting kali ini saya akan mencoba berbagi trik tentang bagaimana merawat baterai laptop agar lebih awet anda gunakan. Tapi sebelumnya saya ingin mengingatkan bahwa tak ada trik yang bisa menjadikan baterai anda awet selamanya, trik yang ada hanya untuk menjadikan baterai lebih awet.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.
  • Biasakan untuk melakukan charge sampai baterai terisi penuh. Hal ini dimaksudkan agar seluruh "cell" yang ada dalam baterai terisi.
  • Jangan biarkan baterai laptop anda menjadi benar-benar kosong. Paling tidak sisakan 5 persen daya pada baterai.
  • Hentikan (lepas) proses charge jika baterai sudah terisi penuh. Overcharge atau proses charge yang berlebihan akan membuat daya tampung baterai menjadi berkurang.
  • Jika memungkinkan. lakukan proses charge pada saat komputer sedang "off".
  • Jangan biarkan baterai tersimpan terlalu lama tanpa pernah melakukan charge sekali-kali.
  • Untuk menghindari jebolnya baterai anda, usahakan selalu menggunakan charger yang sesuai dengan baterai anda. Jangan sembarangan menggunakan charger meskipun colokannya cocok.
Demikian trik untuk merawat baterai laptop anda agar lebih awet dan dapat digunakan lebih lama.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: