Trik Agar Hard Disk Lebih Awet

Salah satu komponen vital dari sebuah komputer adalah Hard Disk. Memang jika dibandingkan dengan Processor, VGA ataupun RAM, Hard Disk hanya menjadi pertimbangan urutan ke-empat jika ingin menilai sebuah komputer berdasarkan komponennya. Namun jika dilihat dari arti pentingnya, Hard Disk tidak kalah penting dibanding komponen lainnya.


Hard Disk berfungsi sebagai penyimpan data, oleh karena itu ketika hard disk anda mengalami masalah maka anda akan semakin menyadari betapa penting-nya hard disk bagi anda. Mungkin anda pernah mengalami betapa men-jengkelkan-nya kehilangan data penting hanya karena hard disk yang bermasalah.

Dalam logika sederhana dapat dikatakan bahwa semakin penting data-data yang ada pada hard disk anda maka semakin penting hard disk itu bagi anda. Benarkan ? Oleh karena itu, agar hard disk anda dapat lebih awet silakan mengikuti langkah-langkah berikut.
  • Gunakan UPS atau paling tidak stabilizer khususnya bagi anda yang tinggal di daerah dengan tegangan listrik yang tidak stabil seperti di daerah saya. Sudah banyak komputer desktop maupun laptop yang saya lihat mengalami kerusakan karena tegangan yang tidak stabil ini. Komponen yang umumnya mengalami kerusakan adalah Hard Disk dan Baterai.
  • Gunakan Antivirus dan lakukan update secara berkala. Hingga saat ini saya belum bisa menyimpulkan sebuah hubungan yang nyata antara virus dengan kerusakan hard disk, tapi saya sudah melihat sendiri hard disk laptop teman saya rusak karena virus. (Mungkin nama virusnya "bad-sector-maker" kali ya ??..hehheee).
  • Lakukan Scandisk secara berkala agar error pada hard disk mendapat penanganan dini.
  • Lakukan "Disk Defragmenter" secara berkala agar data yang tersimpan pada hard disk anda tertata dengan rapih. Hal ini juga dapat meringankan kerja hard disk sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien.
  • Khusus untuk aplikasi, jika memang sudah tidak digunakan sebaiknya dihapus saja.
  • Meskipun terlihat kokoh dari luar, sebenarnya hard disk berisi komponen-komponen yang sangat sensitif terhadap guncangan khususnya ketika sedang bekerja (komputer ON), oleh karena itu sebaiknya hindari sebisa mungkin memindah-mindahkan komputer/laptop anda ketika sedang menyala.
Meskipun tidak termasuk langkah perawatan hard disk, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah melakukan backup data-data penting pada media lain.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: