Trik Terhindar dari Malware

Malware berasal dari bahasa Inggris yang merupakan akronim dari "Malicious Software" atau dalam translate sederhana berarti Program Perusak.Menurut wikipedia, malware adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, server, atau jaringan komputer tanpa izin.


Meskipun berbeda dengan virus, namun orang-orang pada umumnya menganggap malware ini adalah virus. Cara berpikir orang-orang pada umumnya memang cukup sederhana, semua program yang berfungsi untuk merusak kerja sistem komputer adalah virus. Meskipun salah dalam segi pengertian, saya cenderung sepakat karena semua program jahat yang bekerja untuk merusak sistem, apapun namanya harus dihindari.

Salah satu masalah utama dalam berselancar di dunia maya saat ini adalah malware. Berkembangnya jenis-jenis malware baru membuat jutaan pengguna internet setiap harinya berada dalam ancaman karena malware bisa menyerang website-website yang ada, bahkan website yang terpercaya.

Meskipun sedikit berbeda namun secara garis besar trik agar dapat terhindar dari malware sebenarnya tidak berbeda jauh dengan trik menghindari virus.
  • Tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi khusus anti malware karena antivirus yang baik biasanya mengenali malware dengan cukup baik.
  • Gunakan Antivirus yang memiliki internet security. Sayangnya, pada umumnya antivirus jenis ini tidak gratis alias berbayar. Tapi jangan khawatir, jika dibandingkan dengan manfaatnya maka harganya bisa dikatakan cukup murah.
  • Lakukan update secara berkala terhadap antivirus anda. Semua antivirus jelek jika tidak pernah di-update.
  • Hindari menggunakan program bajakan. (sepertinya ini yang paling sulit, hehhheee...)
  • Pastikan firewall anda selalu "on" (aktif)
  • Jangan sembarangan mendownload dan menginstal aplikasi dari internet. Pastikan file yang anda download berasal dari sumber yang aman.
  • Jangan gampang tertarik dan menjadi penasaran dengan email dari orang yang tidak anda kenal dengan baik.
  • Biasakan membersihkan jejak anda setiap selesai ber-internet-ria dengan membersihkan History, Temporary Internet Files, dan Cookies dari komputer.
Pada intinya kehati-hatian dan pehaman yang baik tentang apa yang kita lakukan terhadap komputer kita tetap merupakan hal yang paling penting..


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: