Trik Mencuci Mobil Agar Tidak Merusak Cat

Sungguh sangat tidak terasa sudah sebulan lebih atau mungkin hampir dua bulan saya tidak pernah posting bahkan berkunjung ke blog ini, maklum lagi disibukkan dengan pekerjaan yang benar-benar menguras seluruh energi dan waktu saya (semoga saya bisa meninggalkan pekerjaan tersebut secepatnya).


Sekitar dua bulan lalu orang tua saya habis beli mobil baru (ngetiknya koq ga enak yaaa??) dan kebetulan saya dipercayakan untuk merawat mobil tersebut. Karena merasa bertanggung jawab atas amanah yang diberikan sama ortu maka saya benar-benar memperhatikan perawatan mobil tersebut, tapi berhubung mobilnya masih baru jadi perawatannya juga tidak menyita waktu yang terlalu banyak, paling yang rutin saya lakukan adalah mencuci mobil.

Salah satu kesalahan saya adalah menganggap remeh yang namanya mencuci mobil sehingga tidak mencari informasi terlebih dulu tentang bagaimana mencuci mobil yang baik dan benar sehingga kegiatan mencuci mobil yang rutin saya lakukan ternyata bukan hanya mengangkat kotoran dari cat tapi juga meninggalkan goresan halus pada permukaaan cat. Huuufft, setttresss rasanya.

Secara sepintas memang tidak nampak karena goresan-goresan ini sangat halus namun jika diperhatikan dengan seksama khususnya ketika berada di bawah sinar matahari maka goresan-goresan yang jumlahnya banyak tersebut akan terlihat dengan cukup jelas.

Belajar dari pengalaman/kesalahan saya maka pada posting ini, saya akan berbagi trik mencuci mobil agar tidak merusak cat.
  • Siapkan shampo mobil, spons khusus mobil, ember kecil, dan kanebo (chamois) atau lebih baik lagi jika anda menggunakan Micro Fiber.
  • Isikan ember anda dengan air bersih. Pastikan tidak ada pasir-pasir halus dalam ember/air tersebut.
  • Siram mobil anda atau basahi dengan menggunakan bantuan spons. Jangan sekali-kali menggunakan kanebo (chamois) pada tahap ini karena ternyata baret yang muncul pada permukaan cat mobil saya adalah dari kotoran/debu halus yang melakat pada cat kemudian terseret oleh chamois. Permukaan spons jauh lebih bersahabat karena kotoran tidak terseret namun terbawa oleh air atau masuk kedalam spons.
  • Jika anda ingin menggunakan shampo mobil, maka gunakanlah sekarang dengan tetap menggunakan bantuan spons.
  • Bilas kembali dengan menggunakan air bersih.
  • Basuh air yang ada dengan menggunakan chamois atau micro fiber sebelum mengering.
  • Yang perlu anda senantiasa ingat dan tanamkan dalam pikiran anda adalah anda menggunakan chamois atau micro fiber untuk membasuh air pada permukaan cat bukan membuatnya kering sepenuhnya, tindakan ini sangat berpotensi menimbulkan goresan halus atau baret. Basuh dan biarkan udara yang mengeringkannya.
Demikian trik yang bisa saya bagikan untuk saat ini. Saya yakin masih banyak hal yang bisa kita kupas sehubungan dengan cuci mencuci mobil. Semoga dilain waktu bisa saya bagikan.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Otomotif

2 Komentar:

spidol fix it pro said...

Terima kasih untuk tipsnya ... sangat berguna 1

sogi said...

Terima kasih kembali... semoga kesalahan sy tidak dilakukan orang lain..