Cara Merawat Aki Agar Tahan Lama

Salah satu hal yang paling menjengkelkan ketika hendak berkendara adalah kendaraan yang tiba-tiba tidak mau nyala gara-gara daya listrik yang kurang. Kurangnya daya listrik ini tentunya diakibatkan kondisi aki yang tidak baik.


Aki merupakan sumber utama sistem kelistrikan pada kendaraan, jadi ketika aki kendaraan anda tidak dirawat dengan baik maka siap-siaplah untuk menghadapi kondisi menjengkelkan seperti yang digambarkan di awal posting ini.

Terdapat dua jenis aki yaitu aki basah dan aki kering. Pada posting kali ini saya akan mencoba berbagi tentang cara merawat aki basah agar lebih awet dan tahan lama. Tidak ada yang sulit dalam hal merawat aki kendaraan namun kita harus melakukannya dengan teratur dan berkesinambungan. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya anda perhatikan.
  • Lawan rasa malas dan acuh tak acuh anda, rajin-rajinlah memeriksa air pada aki kendaraan anda. Pastikan airnya berada di atas batas lower level (garis bawah) dan berada di bawah upper level (garis atas).
  • Jika air aki mulai berkurang (mendekati garis bawah) maka tambahkan air aki. Gunakan air aki biasa, jangan pernah menggunakan air aki zuur (accu zuur) karena air aki jenis ini hanya untuk aki baru.
  • Penambahan air aki sebaiknya dilakukan dipagi hari disaat kendaraan belum pernah dinyalakan sebelumnya. Entah ini mitos atau bukan, yang jelas saya juga melakukannya meskipun masih kabur dengan alasannya. Hehehee.
  • Pastikan daya listrik yang dibutuhkan oleh kendaraan anda sesuai dengan kemampuan aki yang anda gunakan.
  • Tata kabel-kabel kelistrikan kendaran anda dengan baik sehingga terhindar dari hubungan pendek kutub negatif dan positif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel aki.
  • Periksa katup aki, jika terjadi kelonggaran maka segera kencangkan.
  • Biasakan untuk membersihkan aki dari debu dan kotoran lain yang sering melekat pada aki.
  • Jika terdapat kotoran atau karat pada terminal aki maka segera bersihkan karena terminal aki yang kotor atau berkarat akan menyebabkan kendaraan sulit untuk di-starter (dinyalakan)
Dengan memperhatikan hal-hal yang telah saya sebutkan di atas maka saya berharap aki kendaraan anda selalu dalam kondisi prima sehingga kendaraan anda tidak mengalami masalah kelistrikan lagi.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Otomotif

0 Komentar: