Beberapa Perintah Command Prompt yang Sebaiknya Anda Tahu

Pada tahun 2013 ini mungkin sebagian besar pengguna komputer semakin tidak tertarik untuk mengetahui dan menggunakan program yang bernama Command Prompt. Berhadapan dengan layar komputer yang hanya menyajikan huruf-huruf dan angka-angka saja bukan hal yang menyenangkan tentunya.


Yang mengherankan adalah bahwa Command Prompt ini sampai sekarang selalu diikutkan dalam Sistem Operasi Windows. Ini tentunya bisa menjadi justifikasi (vikinisasi_mode:on) akan pentingnya program ini bagi komputer.

Saya juga sebenarnya termasuk orang yang kurang suka dengan program yang "mereduksi" (vikinisasi_mode:on_lagi) penggunaan mouse. Serasa kembali ke jaman pra-windows. Namun menurut saya terdapat beberapa perintah pada Command Prompt yang seharusnya kita tahu.

DIR
Perintah ini bertujuan untuk menampilkan daftar file dan folder pada direktori yang sedang diakses oleh Command Prompt. Direktori yang diakses bisa dilihat dari alamat direktori disamping kursor. Perintah ini bisa anda tambahkan dengan perintah /A yang bertujuan untuk menampilkan semua file dan folder, termasuk yang tersembunyi. (dir /a).

CD
Perintah ini digunakan untuk berpindah ke folder yang berada di bawah direktori/folder yang sedang terakses. Misalkan saat ini anda berada pada direktori C yang berisi folder (program files, windows,users, dan lain-lain), maka dengan mengetikkan "CD users" (tanpa tanda kutip) akan mengantarkan kita pada folder "Users" yang berada pada direktori C.
Perlu diingat pula bahwa jika nama folder yang ingin diakses memiliki spasi maka penulisan nama foldernya harus diberikan tanda kutip (""). Misalkan; CD "Program Files".
Masih ada lagi (hehheee), dengan menggunakan perintah "CD.." (tanpa tanda kutip) akan membawa kita pada folder yang berada satu tingkat di atas folder yang saat ini kita akses.

IPCONFIG
Perintah ini termasuk yang paling sering saya gunakan. Perintah ini berguna untuk mengetahui informasi-informasi penting tentang jaringan yang sedang kita gunakan termasuk beberapa informasi tentang hardware yang berhubungan yang sedang kita gunakan.
Agar informasinya lebih lengkap lagi tambahkan perintah "/All" sehingga menjadi "ipconfig/all".

PING
Perintah ini biasanya saya gunakan untuk mencoba koneksi internet yang sedang digunakan. Website yang biasanya saya ping adalah website yang menurut saya sangat mudah dan cepat diakses yaitu Google. Jika google saja lambat maka kemungkinan besar website lain tidak bisa anda buka dengan cepat.
Cara penggunaannya adalah dengan menambahkan alamat website setelah perintah PING. Contoh "ping www.google.com". Silakan analisa hasilnya, jika ada balasan (Reply from .......) maka terdapat koneksi internet, namun jika yang muncul adalah "Request time out" maka dapat dikataka tidak terdapat koneksi internet.

Bingung dengan posting ini ? coba praktekkan dan anda akan paham betapa mudahnya hal yang saya jelaskan dengan sedikit rumit di atas.
Kali ini sebenarnya saya juga bermaksud menyinggung perintah ATTRIB, namun setelah mencoba dittulis ternyata penjelasannya tidak bisa disingkat jadi mungkin akan saya sharing pada posting tersendiri.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Komputer

0 Komentar: