Tips Mencuci Sepeda yang Baik dan Benar

Berawal dari funbike yang diadakan oleh kantor beberapa bulan yang lalu, sekarang saya jadi punya hoby baru, apalagi kalo bukan bersepeda. Ternyata keseruan bersepeda tidak kalah dengan beberapa hoby saya yang lain, mulai dari petualangan hingga berburu perlengkapannya.


Sebagaimana kendaraan lainnya, salah satu hal yang paling mendasar yang harus diketahui dalam merawat sepeda adalah cara mencucinya. Nah, berikut adalah cara mencuci sepeda yang baik dan benar.

  1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah melepas semua aksesoris, khususnya yang terpasang pada handlebar (stang), diantaranya adalah bel, lampu, speedometer dan lain-lain, termasuk rem, jika anda menggunakan rem dengan tipe V brakes.
  2. Selanjutnya coba balikkan sepeda anda. Agar terhindar dari lecet yang dapat timbul pada sadel dan grips anda dapat menggunakan alas yang tidak terlalu keras, bisa menggunakan matras atau kardus bekas (meskipun kardus hanya bisa digunakan untuk sekali pakai)
  3. Sekarang lepaskan roda depan dan belakang, buka pengencang as roda depan dengan membuka klip pengunci jika ada. Jika sepeda anda tidak menggunakan klip, anda dapat menggunakan kunci pas sesuai dengan ukuran baut yang di gunakan sebagai pengunci as roda depan. Sedangkan untuk Roda Belakang, lepas pengencang as roda belakang, tarik kebelakang sistem pemindah gigi (Rear Derailleur) secukupnya sehingga roda belakang bisa di tarik keatas dan terlepas.
  4. Bersihkan rantai, gir, pedal, dan rear derailleur. Siapkan sikat dan air bersabun. Mulailah menyikat rear derailleur dengan sikat yang telah di basahi air sabun, pastikan anda menggunakan sikat yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut. Untuk membersikan rantai, gunakan kain yang lembut, basahi kain tersebut dengan air sabun kemudian putar rantai dengan memutar pedal sehingga rantai berputar. Tempelkan kain pada rantai sehingga kotoran rantai menempel pada kain.
  5. Bersihkan gir depan, lengan pedal dan pedal dengan sikat yang sudah di basahi dengan air sabun. Sikat dengan teliti sehingga semua kotoran terlepas, kemudian lap dengan lap bersih. Bersihkan pedal dan bagian sisi dalam gir dengan sikat dibasahi air sabun, lanjutkan dengan mengeringkan dengan lap bersih.
  6. Bersihkan bagian bawah frame secara merata ke seluruh bagian frame, handlebar (stang depan), bagian top tube (frame atas), dan seatways (frame belakang). Jangan lupa membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem. Karena sepeda anda dalam posisi terbalik, maka seharusnya hal ini mudah dilakukan.
  7. Bersihkan roda depan dan roda belakang. Jika memang terdapat kotoran yang susah hilang, anda dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kotoran, namun anda harus berhati-hati menggunakan produk-produk semacam ini karena jika mengenai bagian-bagian yang tidak seharusnya, justru dapat merugikan.
  8. Bersihkan kotoran pada as roda, hub dan keseluruhan roda termasuk jari-jari roda. Jika anda menggunakan cakram pada roda anda cukup sikat dengan teliti di semua bagian cakram. Anda juga dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan cakram jika diperlukan.
  9. Pasang kembali roda depan dan roda belakang dengan hati-hati. Pastikan terpasang dengan sempurna pada dudukannya.
  10. Lakukan pelumasan pada bagian-bagian seperti rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), pedal dan lengan pedal. Pastikan bahwa pelumas yang digunakan adalah pelumas yang tepat. Jangan pernah terpikir untuk menggunakan oli bekas.
Mungkin hanya ini dulu yang bisa saya sharing saat ini.


Semoga Bermanfaat

Posting Lain Terkait Lainnya ,Sepeda

0 Komentar: